Exception Handling

, , No Comments
Hallo, bertemu lagi di pertemuan mingguan ini. Minggu ini saya telat untuk mem-posting materi perkuliahan tanggal 19 Maret lalu. So sibuk tapi ya emang lagi sibuk hehe.

Oke lanjut ke pembahasan. Minggu ini yang saya akan bahas itu mengenai exception handling atau penanganan error di VB .NET

Langsung ke pembahasan saja ya. Apa itu exception? Exception adalah respon terhadap keadaan yang biasa muncul ketika sebuah program sedang berjalan, Exception menyediakan cara untuk mentransfer kontrol dari satu bagian dari program yang lain. Penanganan masalah ini di VB.net dibangun dalam empat kata kunci: Try, Catch, Finally dan Throw. Tapi untuk saat ini yang saya akan bahas itu hanya Try sama Catch.
Try : Mengidentifikasi blok kode yang berisi kode-kode tertentu yang diharapkan untuk dilaksanakan oleh program atau aplikasi. Blok Try diikuti oleh satu atau lebih blok Catch.
Catch : Saat terjadi kesalahan pada blok Try, maka blok ini akan menangkap kesalahan dengan yang isinya biasanya menampilkan pesan tertentu atau menuju ke blok lain untuk mengeksekusi perintah yang diinginkan. Kata kunci Catch menunjukkan penangkapan pengecualian.

Try
'statement
'statement
'statement
Catch ex as Exception
'statement
'statement
'statement
End Try



Sekian pembahasan minggu ini, samapi ketemu di minggu selanjutnya..

0 komentar:

Posting Komentar